Materi 1- Sejarah Penemu Lampu Pijar

 


       Pada tahun 1870-an, seorang ilmuwan dari Menlo Park (negara bagian New Jersey, Amerika Serikat) bernama Thomas Alva Edison merancang lampu pijar menggunakan elemen platina. Kali ini Thomas Alva Edison berhasil membuat lampu pijar sehingga dipatenkan pada bulan April 1879.

      Penemuannya tersebut sebagai benda terpenting yang pernah ditemukan dalam sejarah umat manusia. Berkat penemuannya tersebut, manusia dapat beraktivitas pada malam hari selayaknya beraktivitas pada siang hari. Thomas Alva Edison  ini merupakan salah seorang penemu pertama yang menerapkan prinsip produksi massal pada proses penemuan.

      Ia pernah bekerja sebagai tukang koran dan beberapa pekerjaan kasar yang menguras tenaga. Ia baru mapan setelah berhasil menemukan mesin perekam suara. Ia pun menikah dengan Mary dan tinggal di rumah yang sekaligus merangkap sebagai laboratorium penelitiannya.Namun,Mary lebih dulu meninggal sebelum Thomas berhasil menemukan lampu listrik.

      Beberapa tahun kemudian rumahnya terbakar habis. Ia kemudian dilanda krisis keuangan yang memaksanya untuk meminjam uang demi membangun kembali rumah dan laboratoriumnya.
Ia mengatakan akan menemukan lampu listrik yang saat itu dianggap mustahil, untuk meyakinkan orang yang ia pinjami uang.Setelah mendapat pinjaman, Thomas memulai percobaan-percobaannya untuk menemukan lampu listrik.

       Percobaannya selalu gagal sampai puluhan kali bahkan ratusan kali. Namun ia tidak menganggap dirinya gagal. Ia mengatakan bahwa ia telah berhasil menemukan ratusan benda yang tidak dapat menyalakan lampu listrik.Konon, ia telah melakukan seribu kali percobaan.Sampai-sampai ia stress, bingung dan panik, namun tak pernah menyerah. Dan percobaannya yang keseribu itulah yang berhasil.

      Lampu listrik yang ia temukan kini mampu menerangi dunia. Seandainya tidak ada penemuannya itu, pastilah dunia tidak bisa seterang sekarang.

Komentar